Bir Pletok

 

Bir Pletok dan Es Selendang Mayang, Minuman Khas Betawi yang Tak Kalah  Nikmat dengan Kuliner Kekinian : Okezone Lifestyle

Bir Pletok

Bir Pletok adalah minuman tradisional khas Betawi yang terkenal dengan rasa segarnya. Minuman ini terbuat dari rempah-rempah alami yang memberikan cita rasa khas. Dalam artikel ini, kami akan membagikan resep dan bahan-bahan untuk membuat Bir Pletok di rumah. Mari kita mulai! Merdeka77

Bahan-bahan:

1. Serai (lemongrass): 2 batang, memarkan dan potong-potong. 2. Jahe: 4-5 cm, memarkan dan potong-potong. 3. Cengkeh: 5-6 buah. 4. Kayu manis: 1 batang. 5. Gula merah: 200 gram, iris tipis atau parut. 6. Air: 1 liter. 7. Kelapa parut: 150 gram. 8. Garam: 1/2 sendok teh. 9. Es batu: Secukupnya.

Cara Membuat Bir Pletok:

1. Membuat Bumbu Rempah:

  • Panaskan panci dengan sedikit minyak, kemudian masukkan serai, jahe, cengkeh, dan kayu manis. Tumis rempah-rempah ini hingga harum.
  • Tambahkan gula merah dan terus aduk hingga gula merah meleleh dan bumbu rempah tercampur rata.
  • Tambahkan air ke dalam panci, lalu didihkan sambil sesekali diaduk.

2. Membuat Kelapa Parut:

  • Sementara bumbu rempah mendidih, Anda bisa mempersiapkan kelapa parut. Panaskan kelapa parut dalam wajan kering hingga garing dan berwarna keemasan. Pastikan untuk terus diaduk agar kelapa parut tidak gosong.

3. Menggabungkan Semua Bahan:

  • Setelah bumbu rempah mendidih, tambahkan garam ke dalamnya, lalu aduk rata.
  • Selanjutnya, tambahkan kelapa parut yang telah digoreng ke dalam panci berisi bumbu rempah. Aduk rata dan biarkan mendidih sebentar.
  • Setelah itu, saring campuran tersebut untuk memisahkan bumbu rempah dari cairannya.

4. Penyajian:

  • Sajikan Bir Pletok dalam gelas atau cangkir yang telah diisi dengan es batu.
  • Anda dapat menambahkan irisan gula merah secukupnya sebagai hiasan jika diinginkan.

Bir Pletok siap disajikan! Rasakan sensasi segarnya dengan rempah-rempah alami yang unik ini. Minuman ini sangat cocok untuk dinikmati di musim panas atau kapan pun Anda merasa butuh minuman yang menyegarkan. Selamat mencoba dan nikmati kelezatan minuman khas Betawi ini!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kawah Ijen, Jawa Timur

Ikan Guppy Tuxedo

Stasiun Klimatologi Sumatra Selatan (36,3 derajat Celsius)